Pak Omank

Guru SD Negeri 1 Tempuran Kecamatan Wanayasa Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah...

Selengkapnya
“Iqra dan Kalam” Ciri Masyarakat Modern
ilustrasi : dokpri

“Iqra dan Kalam” Ciri Masyarakat Modern

“Islam secara jelas mendukung tumbuhnya budaya baca. Ini dibuktikan ayat Alquran yang pertama kali turun adalah “Iqra” bacalah. Perintah ini diperkuat dalam ayat lain yaitu “kalam” atau perintah untuk menulis.” Demikian disampaikan oleh Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Banjarnegara, Drs Sobri pada pembukaan Pesantren Jurnalistik, Sabtu (9/6). Acara yang digelar oleh Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) PDM Banjarnegara ini, bertempat di SD Muhammadiyah 1&4 Banjarnegara.

“Jika Muhammadiyah mengaku sebagai organisasi modern, maka “iqra dan kalam” hendaknya menjadi budaya di lingkungan organisasi. Mengapa? Karena baca dan tulis merupakan ciri peradaban modern. Karena itu, apabila baca tulis belum menjadi budaya organisasi, maka kemodernan itu layak dipertanyakan,” jelasnya.

Karena itu, sambung Sobri, warga Muhammadiyah mestinya rajin baca dan juga rajin menulis. Apalagi budaya baca tulis ini di Muhammadiyah telah menjadi bagian dari sejarah sejak awal berdirinya.

Baca tulis yang merupakan bagian pokok kegiatan literasi, kini gencar digalakan oleh berbagai pihak. Kegiatan tulis menulis ini merupakan salah satu bidang garapan MPI. Maka, dalam rangka mengisi kegiatan di bulan Ramadan, MPI PDM Banjarnegara menggelar kegiatan pesantren jurnalistik dan kehumasan yang diikuti oleh MPI Cabang, Humas Ortom/AUM dan lembaga di tingkat daerah.

Junalisme memiliki arti penting bagi Muhammadiyah karena masih jarang aktivis yang bergelut di bidang ini. Padahal jurnalistik di era kekinian memegang peran penting karena dapat menyuarakan pesan-pesan organisasi. Informasi akan berimbang jika langsung berasal dari organisasi bukan dari penafsiran pihak lain yang cenderung disesuaikan dengan visi dan misi masing-masing media.

Sementara itu, Ketua Panitia Pesantren Jurnalistik Ramadan 1439 H, Eko BR, mengatakan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 35 peserta. Kegiatan akan berlangsung selama 2 hari yaitu Sabtu – Minggu, 9 – 10 Juni 2018, bertempat di komplek SD Muhammadiyah 1&4 Banjarnegara.

“Materi pelatihan meliputi tiga hal yaitu kehumasan, jurnalistik media online, dan jurnalistik televisi. Sedang narasumber yang dihadirkan adalah para profesional di bidangnya yaitu contributor RCTI, Metro TV, dan Detik.com.” lanjutnya.

Dari kegiatan ini diharapkan nantinya peserta mendapat bekal untuk bisa melakukan liputan berita online dan juga berita televise sesuai standar professional. Setidaknya peserta mengetahui dan mengenal parameter pembuatan berita secara profesional. Bagaimana berita di Metro, RCTI dan bagaimana pula berita di Detk.com.

Peserta tidak hanya dibekali teori peliputan berita tetapi juga diperbanyak dengan praktik lapangan. Bahkan, pada hari pertama ada kelompok yang melakukan praktik peliputan arus balik hingga pukul 01.00 dinihari layaknya jurnalis profesional. Sementara di hari kedua ada juga kelompok yang melakukan liputan langsung di pasar kota menjelang hari raya.

“Jurnalisme menuntut penugasan cepat dan waktu pengiriman berita yang cepat. Maka, praktik hingga larut malam dan diterjunkan di lokasi kejadian dimaksudkan sebagai simulasi kondisi sesungguhnya. Harapannya akan lahir jurnalis-jurnalis handal dari kalangan Muhammadiyah,” kata Eko.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Mantafff....pak. Ternyata ajaran Al Qur'an ajaran yang paling sesuai ...njih pak ? Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

11 Jun
Balas

Matur nwn. Salam

11 Jun

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali